MEMBERIKAN INFORMASI DAN MELAYANI MASYARAKAT DENGAN CEPAT

Facebook

Jumat, 05 Juli 2019

Keliling Desa Abang, Mahasiswa KKN Kagumi Alam dan Hasil Kerajinan Warga Desa Abang

Foto: Mahasiswa KKN Undiksha melihat kerajinan selendang tenun cagcag di banjar Waliang Desa Abang

Desa Abang Online - Sebanyak 21 orang mahasiswa Undiksha melakukan KKN di Desa Abang sejak 24 Juni 2019. Mahasiwa yg terdiri dari 6 orang laki-laki dan 15 perempuan itu selama 42 di Desa Abang melakukan kegiatan di desa.
Sebelum melakukan program kerjanya, mahasiswa terlebih dahulu observasi keliling desa. Ditemani perbekel Abang Nyoman Sutirtayana, Ketua Karang Taruna Yowana Karya Ida Wayan Wahyu Pramana Sogatha dan Wakil Karangtaruna Wayan Sukada, mahasiswa diajak menikmati keindahan alam desa dan kerajinan di desa Abang.

Untuk alam, mahasiswa diajak ke Subak Abang Kelod. Disini mahasiswa terkesima melihat keindahan panorama sawah. Dengan landscape gunung Agung di sebelah barat dan gunung Lempuyang di sebelah timur. Panorama ini menjadi potensi yg bisa dikembangkan. Sutirtayana menyampaikan ke depan ada rencana untuk menciptakan agro wisata pertanian di Abang. Namun itu butuh proses karena perlu menyadarkan semua pihak terutama petani agar mau berkolaborasi dengan pariwisata. Selain itu, infrastruktur terutama jalan akses masuk dan SDM manusianya juga perlu disiapkan lebih dulu dan tentu butuh proses 5 - 10 tahun ke depan.
Sementara untuk kerajinan, mahasiswa mengagumi kain tenun cag-cag produksi Ibu Desak Sridani di banjar Waliang. Selain itu, mahasiswa juga berkunjung ke kelompok Soka Sari di Waliang yang khusus membuat kerajinan batok kelapa yg dijual ke luar kabupaten bahkan sudah ada yg diekspor ke luar negeri.
Mahasiswa juga sempat diajak ke kebun pepaya Calina yg menjadi produk buah unggulan desa Abang. Pasalnya pepaya yg satu ini buahnya manis, renyah, dan dagingnya tebal. Biasanya dikirim ke hotel-hotel. Adm
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Arquivo do blog

Definition List

Unordered List

Support